Olahraga ekstrem yang cocok bagi adrenaline junkie

Beberapa orang memang senang melakukan hal-hal ekstrem dan kadang menantang maut semata unuk bersenang-senang. Mereka inilah yang tergolong pecandu adrenalin atau adrenaline junkie. Jika kamu sedang mencari kegiatan baru, arung jeram yang ternasuk kategori olahraga ekstrem patut dicoba. 

Arung jeram yang juga disebut rafting adalah aktivitas yang memadukan unsur petulangan, edukasi, olahraga, serta rekreasi dalam mengarungi jeram (aliran air yang deras dan menurun) di sungai menggunakan perahu karet/kayak/kano dengan dayung. Selain bisa memacu adrenalin, arung jeram juga punya manfaat bagi fisik dan mental, nih.

1/ Membakar kalori

Sambil duduk di dalam perahu, ternyata ada banyak gerakan yang harus dilakukan agar perahu bergerak. Kamu harus siap mendayung untuk mengarahkan perahu saat aliran sungai tidak deras, sementara gerakan mendayung kuat dibutuhkan untuk mempertahankan perahu di debit air yang tidak stabil atau kencang. 

Gerakan dayung yang sekaligus memperkuat otot lengan dan dada bila dilakukan terus-menerus akan membantu metabolisme tubuh dalam melakukan pembakaran kalori. Cocok juga bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan serta membentuk tubuh bagian atas.

2/ Melatih keseimbangan tubuh

Mungkin olahraga ini terlihat santai karena ‘hanya’ duduk di dalam perahu karet untuk mengikuti arus sungai. Padahal, butuh keseimbangan agar kamu tidak terjatuh ketika terjadi benturan atau melalui turunan di sungai. Selain selalu berada dalam kondisi fit, setiap peserta arung jeram harus memakai jaket pelampung, baju lengan panjang, sepatu karet, serta helm untuk menjaga keamanan pribadi. 

Sama seperti kondom Fiesta yang mengutamakan unsur safety saat ingin bersenang-senang. Kamu bisa menciptakan momen bercinta jadi lebih spesial karena ada banyak rasa yang bisa dicoba. Misalnya Fiesta Grape dengan sensasi aroma anggur sebagai afrodisiak alami yang siap membawa kamu dan pasangan terhanyut dalam petualangan mendebarkan. Sementara Fiesta Delay dapat memberikan kenikmatan dan klimaks spesial karena dilengkapi lubrikan khusus yang membuat sesi bercinta jauh lebih panjang. 

3/ Memperkuat kerja jantung

Kombinasi rasa takut dan khawatir saat melakukan arung jeram membuat jantung berpacu. Oksigen akan dialirkan ke pembuluh darah yang memompa jantung untuk bekerja dengan lebih cepat sehingga tanpa disadari melatih kekuatan otot jantung. Ketika sistem metabolisme tubuh berfungi secara optimal mulai dari sistem pernapasan, peredaran darah, serta jantung sudah bekerja secara optimal, maka sistem imun secara otomatis bekerja maksimal.

4/ Menghilangkan stres

Berhubung dilakukan di tengah alam yang asri, arung jeram pilihan tepat untuk merelaksasi pikiran maupun obat penghilang stres. Suara arus air, pemandangan indah, hangatnya sinar matahari, dan udara bersih dapat mengalihkan pikiran dari rutinitas maupun beban pekerjaan. Mendekatkan diri kea lam salah satu bentuk pelarian yang positif, kok. 

5/ Melatih kekompakan

‘Terjebak’ di dalam perahu karet bersama sahabat atau orang yang baru dikenal tetap membutuhkan kerja sama untuk menjaga stabilitasnya. Komunikasi harus terus dilakukan agar peserta tahu tugas masing-masing, sementara konsentrasi juga dibutuhkan agar sigap menghadapi berbagai kejutan. Kamu pun harus mampu menekan emosi dan ego agar tujuan bersama tercapai, terutama saat melalui lintasan yang sulit. Dengan begitu barulah tercipta kekompakan solid yang biasanya bertahan lama. 

Tertarik  menjajalnya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *