Terdapat banyak sekali pendapat yang menyatakan bahwa precum atau pra ejakulasi tidak bisa mendatangkan kehamilan bagi perempuan, namun juga tidak sedikit yang menyatakan bahwa hal ini bisa juga menjadikan perempuan hamil. Lantas manakah yang benar ?

Banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk mencegah atau menunda persentase hamil saat berhubungan selain menggunakan alat kontrasepsi seperti kondom. Biasanya laki-laki menggunakan cara “senggama terpurus”.

Cara ini sering digunakan bagi laki-laki dan perempuan yang malas menggunakan kondom sebagai metode pencegahan kehamilan. Pada dasarnya, teknik senggama terputus ini merupakan cara yang sudah dilakukan dari dahulu atau bisa juga dikatakan sebagai salah satu metode penunda kehamilan tertua di dunia. Metode ini lebih akrab dikenal sebagai ejakulasi di luar atau keluar di luar.

Namun yang menjadi pertanyaan besar adalah efektifkah cara atau metode ini untuk diterapkan sebagai cara pencegah atau penunda kehamilan ?

Mengenal Precum atau Pra Ejakulasi

Pra Ejakulasi

Pra Ejakulasi (precum) sering diistilahkan sebagai bagian dari cairan sperma yang keluar saat laki-laki mengalami rangsangan, biasanya cairan ini keluar tanpa disadari oleh laki-laki. Cairan keputihan dan terkadang cenderung berwarna transparan ini keluar dari ujung kelamin laki-laki saat laki-laki merasakan gairah seksual namun terjadi sebelum laki-laki mendapatkan ejakulasi penuh.

Precum merupakan cairan yang mirip air mani ini biasanya difungsikan sebagai pelumas alami yang dihasilkan dari tubuh laki-laki, agar lebih mudah untuk memasuki miss v perempuan saat ingin melakukan penetrasi.

Namun ada hal yang harus diketahui oleh para laki-laki, bahwa precum sendiri sebenarnya terdapat kandungan sperma dalam jumlah sedikit yang juga dapat berenang atau melaju menuju rahim dengan persentase yang lebih sedikit dibandingkan sperma yang keluar saat laki-laki ejakulasi penuh.

Data yang dilansir dari Medical News Today menyatakan bahwa terdapat 11 dari 27 sperma yang terkandung dalam cairan precum tersebut. Jadi tetap harus hati-hati melakukan teknik ini ya, karena masih ada kemungkinan pasangan akan hamil walaupun dari cairan pra ejakulasi ini.

Data dari beberapa sumber juga mengatakan bahwa cairan ini masih mengandung sekitar 16% sel sperma laki-laki. Cairan pada pra ejakulasi ini biasanya cenderung lebih lemah dibandingkan sperma saat ejakulasi penuh dan bisa terkontaminasi oleh suhu ruangan.

Potensi Kehamilan dari Cairan Precum

Cairan yang dihasilkan dari pra ejakulasi pada dasarnya mampu memberikan fungsi sebagai pelumas yang melumasi daerah saluran uretra agar sperma dapat mengalir dengan mudah keluar. Precum sendiri dihasilkan oleh cowper yang terletak pada dasar kelamin laki-laki.

Volume yang dihasilkan precum berbeda-beda pada setiap laki-laki, bisa keluar dalam jumlah yang cukup banyak, dan ada juga yang sedikit. Durasi keluarnya cairan ini pun berbeda, ada laki-laki yang mengeluarkan cairan pra ejakulasi nya hanya saat di awal gairah, ada yang dipertengahan gairah, bahkan ada juga yang mengeluarkan sepanjang laki-laki tersebut melakukan hubungan seksual.

Jika melihat potensi kehamilan dari cairan precum ini pun berbeda-beda. Harus ditinjau lebih jauh apakah cairan yang keluar dalam jumlah banyak atau sedikit, dan durasi keluarnya pun apakah sering atau hanya di awal saja?

Namun potensi kehamilan masih dapat terjadi, karena kembali lagi dari sifat cairan yang dihasilkan dari pra ejakulasi merupakan cairan yang memiliki kurang lebih sel sperma sebesar 16%. Karena itulah, jika ingin melakukan penundaan kehamilan, maka lebih dianjurkan menggunakan metode alat kontrasepsi (kondom) saat berhubungan seks dengan pasangan.

Jika pasangan tetap tidak menggunakan alat kontrasepsi seperti kondom, maka bisa melakukan hubungan seksual bukan pada saat masa subur perempuan terjadi, untuk meminimalisir terjadinya kehamilan. Namun tetap harus melakukan test kehamilan atau test pack yang terpercaya jika pasangan perempuan mengalami terlambat haid.

Sebenarnya masih ada hal yang perlu dikhawatirkan dari precum, yaitu terjadinya tertular penyakit kelamin saat precum terjadi. Penyakit juga ikut terbawa saat precum atau pra ejakulasi terjadi, karena itulah sangat penting menggunakan alat kontrasepsi seperti kondom untuk melindungi pasangan dari penyakit serta mencegah kehamilan dengan cara yang aman dan nyaman.

Keuntungan Menggunakan Kondom

Sudah diketahui oleh semua orang bahwa kondom merupakan alat kontrasepsi yang paling tepat untuk membantu mencegah kehamilan. tidak hanya berfungsi sebagai alat kontrasepsi pencegah kehamilan, tetapi kondom juga dapat berfungsi sebagai satu-satu nya alat yang digunakan untuk mencegah tertularnya penyakit menular seksual.

Saat menggunakan kondom, pasangan tidak perlu khawatir jika pasangan laki-laki mengalami pra ejakulasi yang terus menerus sepanjang berhubungan seksual. Terdapat beberapa keuntungan penggunaan kondom dibandingkan alat kontrasepsi lainnya :

  1. Kondom mampu menjadi alat pencegah kehamilan yang tidak diinginkan terbaik bagi pasangan. Tentu saja, laki-laki harus mengetahui bagaimana cara benar memasang atau menggunakan kondom sebelum menggunakan nya. Persentase tetap hamil saat menggunakan kondom pun sangat kecil, hanya 2 dari 100 orang yang tetap mungkin dapat hamil saat sudah menggunakan kondom (karena tidak memahami cara pakai kondom yang benar).
  2. Kondom tidak menimbulkan efek samping berkelanjutan. Tidak seperti pil kb penunda kehamilan, yang memiliki efek samping berbeda-beda pada perempuan. Efek pil kb yang salah mampu membuat jerawat dan tidak teraturnya waktu haid yang terjadi.
  3. Kondom bisa memberikan efek peningkatan gairah pada perempuan. Seluruh produk dari Kondom Fiesta memberikan efek yang menyenangkan bagi pasangan. Kalian bisa pilih dari banyak varian kondom Fiesta dengan berbagai rasa seperti Strawberry, Grape, Banana, Bubble Gum atau kalian mau coba pengalaman berbeda dengan Fiesta Max Dotted, Ultra Thin, Ultra Thin dan Fiesta Delay. Selain itu demi menambah kenikmatan juga tersedia 3 varian pelumas dengan bahan dasar air seperti Aloe Vera, Natural dan Strawberry.
  4. Kondom menambah durasi “tegang” (menjaga ereksi) pada laki-laki. Produk kondom fiesta memiliki keunggulan dibandingkan produk kondom lainnya, salah satu nya yaitu mampu menambah durasi atau menjaga ereksi pada laki-laki.
  5. Mencegah terjadinya cedera pada kelamin laki-laki dan perempuan. Kandungan kondom yang bagus ialah memiliki kandungan pelumas alami yang dapat menjaga kondisi kelamin laki-laki dan perempuan dalam keadaan baik saat melakukan penetrasi.
  6. Menjadikan hubungan seksual yang terjadi jauh lebih higeinis dibandingkan menggunakan alat kontrasepsi lainnya dan tanpa alat kontrasepsi. Alat kelamin laki-laki mendapatkan perlindungan dari penyakit ataupun iritasi pada kelamin perempuan saat melakukan penetrasi.
  7. Kondom jauh lebih mudah didapatkan serta memiliki biaya yang terjangkau. Dibandingkan alat kontrasepsi atau alat penunda kehamilan lainnya, kondom cenderung lebih menjadi pilihan karena selain fungsi dan manfaat, kondom juga mudah didapatkan dan harga cenderung terjangkau.

Gunakanlah alat kontrasepsi agar tidak perlu mengkhawatirkan kehamilan yang tidak disengaja akibat cairan dari pra ejakulasi (precum) saat berhubungan intim dengan pasangan. Kondom adalah pilihan tepat bagi pasangan karena memiliki banyak keunggulan. Terutama gunakanlah fiesta sebagai kondom pilhan terbaik bagi pasangan. Jangan lupa untuk memahami dengan benar cara menggunakan kondom bagi laki-laki, agar kondom dapat berfungsi secara maksimal saat dipakai.