Pola hidup sehat dengan menjaga kesehatan memang sangatlah penting, terlebih dengan kondisi pandemi Covid-19 seperti saat ini yang mengharuskan seseorang untuk lebih menjaga kesehatan tubuhnya agar tidak mudah terpapar virus Covid-19. Dengan kondisi tubuh yang sehat tentu akan membuat sistem imun dalam tubuh pun menjadi lebih kuat, sehingga hal ini bisa membantu tubuh untuk terhindar dari infeksi virus. Menjaga kesehatan tidak selalu harus dilakuakan dengan cara yang rumit, hal ini bisa Kamu lakukan dengan menjaga pola hidup sehat.

Apa itu Pola Hidup Sehat?

Pola Hidup Sehat - Cover

Pola hidup sehat merupakan sebuah upaya dari seseorang untuk menjaga tubuhnya agar tetap sehat. Hal ini bisa dilakukan dengan cara mengkonsumsi makanan yang bergizi. Selain itu, diperlukan juga olahraga yang rutin dan istirahat yang cukup untuk menjaga kesehatan tubuh tetap fit.

Cara Menjaga Pola Hidup yang Sehat

Pola Hidup Sehat - Menjaga Kesehatan

Terdapat 7 cara yang paling efektif dalam menjalankan pola hidup sehat. Apa saja caranya? Silahkan simak di bawah ini :

1. Menjaga Makan

Pola Hidup Sehat - Menjaga Makan

Hal pertama yang bisa Kamu lakukan dalam menjaga pola hidup sehat adalah dengan menjaga pola makan. Upayakan untuk menerapkan sistem 4 sehat 5 sempurna dalam menjaga agar pola makan Kamu lebih tertata dan sesuai dengan kebutuhan tubuh sehari-hari.

Cobalah untuk mengisi setengah dari piring makan Kamu dengan sayuran, namun sayuran yang dipilih merupakan sayuran yang tidak mengandung zat tepung. Nah, sayuran yang tidak mengandung zat tepung ini antara lain adalah bayam dan sayuran berdaun hijau gelap lainnya.

Sayuran yang dimaksud disini adalah seperti brokoli, kembang kol, dan wortel. Brokoli sendiri mengandung serat, protein, karbohidrat kompleks, air, mineral, fosfor, zinc, zat besi, kalsium, magnesium, serta beragam jenis vitamin.

Kembang kol sendiri memiliki kandungan serat, kalium, isothiocyanate, antioksidan, dan asam folat yang cukup tinggi. Sedangkan kandungan paling banyak yang terdapat pada wortel adalah air dan karbohidrat selain itu, wortel juga mengandung lemak dan protein yang sedikit, namun kaya akan vitamin.

Setengah piring lagi bisa Kamu isi dengan sayuran non-tepung yang bisa Kamu gunakan sebagai pilihan diet yang lebih sehat. Hal ini dikarenakan sayuran non-tepung memiliki kadar kalori yang rendah namun tetap dikemas dengan serat, air, dan nutrisi yang seimbang.

Jika Kamu ingin mengoptimalkan kesehatan tubuh Anda, maka Kamu juga harus menghentikan konsumsi rokok, alkohol, hingga obat-obatan terlarang yang bisa membuat seseorang ketagihan, sehingga akan sulit untuk menghindarinya.

2. Menghindari Stress

Pola Hidup Sehat - Menghindari Stress

Dalam menerapkan pola hidup sehat juga bisa dilakukan dengan diet yang sehat, olahraga teratur, serta menjaga kualitas tidur yang seimbang. Selain itu, stres yang berlebihan juga dapat meningkatkan kadar kortisol dan bisa merusak metabolisme tubuh.

Hal ini juga dapat menimbulkan rasa ingin mengkonsumsi junk food atau makanan siap saji, sehingga dapat membuat lemak di daerah perut menumpuk, sehingga meningkatkan resiko terserang berbagai penyakit. Stres bisa dikurangi dengan cara berolahraga secara teratur, hingga meditasi.

3. Makan Menggunakan Piring dan Mangkuk yang Lebih Kecil

Pola Hidup Sehat - Mangkuk Lebih Kecil

Ukuran piring juga dapat mempengaruhi seberapa banyak makanan yang  konsumsi. Menurut para ilmuan, makan dalam mangkuk saji besar bisa menghabiskan 56% atau sekitar 142 kalori yang lebih besar dari pada makan dalam mangkuk kecil.

4. Menghindari Soda dan Gula

Pola Hidup Sehat - Hindari Soda

Jika Kamu ingin hidup yang lebih sehat, maka Kamu bisa mencoba untuk menghindari makanan maupun minuman yang manis. Minuman manis ini tidak mengandung nutrisi penting, melainkan sangat sarat dengan gula saja.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa minuman manis yang dibuat dengan gula dapat meningkatkan resiko terkena penyakit seperti jantung, diabetes tipe 2, hingga kanker. Selain itu, asam yang terkandung dalam minuman ringan juga dapat merusak gigi, terlebih jika dikombinasikan dengan gula.

Jika selama ini Kamu mengkonsumsi soda secara berlebihan, maka Kamu bisa memilih minuman yang lebih sehat seperti air soda tanpa pemanis dengan lemon untuk menjaga pola hidup sehat.

5. Minum Air Putih yang Cukup

Pola Hidup Sehat - Minum Air Putih

Untuk menjaga pola hidup sehat, banyak peneliti yang mewajibkan untuk mengkonsumsi air putih yang cukup, yakni sekitar 8 gelas per harinya atau setara dengan 1,5 liter air putih yang harus dikonsumsi setiap hari. Dengan minum air putih yang cukup, maka sama artinya dengan Kamu membantu untuk menjaga daya konsentrasi, fungsi otak yang sehat, hingga menjaga suasana hati agar tetap positif.

Selain itu, ternyata mengkonsumsi air putih sesuai dengan takaran secara rutin dapat membantu seseorang untuk menurunkan berat badannya. Karena air putih juga bisa membuat seseorang merasa kenyang dan dapat meningkatkan berapa banyaknya kalori yang bisa dibakar.

Namun, jika memang Kamu kesulitan dalam meminum air putih yang cukup, karena mungkin tidak terbiasa, maka Kamu bisa mencoba untuk minum satu gelas saja setiap kali makan. Hal ini bisa Kamu terapkan setiap hari untuk melatih kedisiplinan Kamu dalam mengkonsumsi air putih.

6. Atur Waktu Tidur

Pola Hidup Sehat - Atur Waktu Tidur

Pola hidup sehat yang berikutnya adalah dengan mengatur waktu tidur, merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam kesehatan tubuh secara keseluruhan. Penelitian sendiri menunjukkan bahwa kurang tidur berkolerasi dengan banyaknya penyakit yang bisa ditimbulkan, termasuk dengan penyakit jantung, dan obesitas atau kelebihan berat badan.

Oleh sebab itu, sangat disarankan Kamu meluangkan waktu yang cukup untuk tidur. Namun perlu Kamu ingat, bahwa tidur yang baik merupakan tidur yang berkualitas. Jika memang sepertinya Kamu tidak bisa tidur dengan benar, maka Kamu bisa menerapkan beberapa cara untuk memperbaikinya. Seperti tidak meminum kopi secara berlebihan, mencoba untuk tidur dan bangun di waktu yang sama setiap harinya, tidur dalam keadaan gelap tanpa pencahayaan, dan meredupkan lampu beberapa jam sebelum tidur.

7. Olahraga Teratur

Pola Hidup Sehat - Olahraga Teratur

Olahraga memang sangat penting dilakukan untuk menjaga kesehatan secara lebih optimal. Olahraga juga bisa menjaga kesehatan otak, menjaga kesehatan tubuh, dan memastikan bahwa hormon di dala tubuh bisa berfungsi secara optimal. Terlebih lagi bahwa olahraga dapat membantu  untuk mengurangi depresi dan resiko timbulnya berbagai penyakit seperti jantung, diabetes tipe 2, obesitas, hingga alzheimer.

Tidak hanya untuk membakar kalori, olahraga juga bisa meningkatkan kadar hormon dan fungsi tubuh secara keseluruhan. Salah satu olahraga yang bisa Kamu coba dirumah untuk memaksimalkan pola hidup sehat adalah olahraga parkour. Selain itu, berhubungan seks secukupnya juga merupakan salah satu jenis olahraga intim yang sering dilakukan oleh pasangan suami istri, namun jangan lupa untuk menggunakan kondom Fiesta agar aman dan lebih menyenangkan. Kondom Fiesta adalah kondom yang sesuai dengan lifestyle generasi muda, kekinian, fun, dan juga fokus pada menyenangkan pasangan. Satu hal yang lebih penting, Fiesta selain fokus untuk memberikan kenikmatan saat berhubungan intim juga memikirkan kesehatan seksual.

Kamu juga akan tambah yakin sebab kondom Fiesta ini merupakan kondom impor dan diproduksi dengan standar tertinggi internasional. Jadi Kamu tidak perlu ragu lagi dengan kualitas dan kenikmatan yang diberikan. Lebih pentingnya lagi, kondom ini sudah lolos tes uji sehingga sangat aman untuk digunakan dalam bercinta.

Banyak orang memilih menggunakan kondom Fiesta karena terbukti mampu memberikan sensasi kesenangan dan keamanan saat bercinta. Terlebih Fiesta terus melakukan inovasi terbaru demi memberikan pengalaman yang tak terlupakan.

Terbukti saat ini kondom Fiesta memiliki banyak varian kondom seperti Strawberry, Banana, Max Dotted, bubble gum, dan masih banyak lainnya. Selain itu demi menambah kenikmatan juga tersedia 3 varian pelumas dengan bahan dasar air seperti Aloe Vera, Natural dan Strawberry.

Terakhir, sangat penting untuk Kamu mendapatkan sinar matahari yang cukup sebagai sumber vitamin D alami untuk tubuh. Jika memang Kamu sedang kurang sehat, maka Kamu bisa segera memeriksakannya ke dokter sebagai langkah untuk menjaga pola hidup sehat tetap berjalan dengan lancer karena kesehatan mahal harganya.