Terdapat beberapa persiapan pernikahan yang wajib diketahui agar semua rencana menikah dapat berjalan dengan baik. Mempersiapkan pernikahan tidak harus mengenai materi saja, tetapi terdapat beberapa hal di luar materi yang juga penting untuk dipersiapkan.

Persiapan Pernikahan yang Harus di-Checklist

Persiapan Pernikahan

Tidak perlu memusingkan hal mengenai pernikahan, apalagi sampai stress dalam mempersiapkannya. Pada dasarnya, seharusnya pernikahan menjadi acara yang dapat dinikmati dimulai dari proses hingga selesai acara.

Apa saja persiapan pernikahan yang tepat dan wajib untuk diketahui? Silahkan simak penjelasannya di bawah ini.

1. Selaraskan Niat dan Alasan Menikah

Niat dan alasan untuk menikah harus sudah diselaraskan bersama pasangan. Sebagian dari orang yang menikah karena ingin mendapatkan momongan segera. Ada juga yang memilih untuk menunda kehamilan karena ingin lebih lama bersenang-senang berduaan terlebih dahulu bersama pasangan, sebelum pada akhirnya memiliki momongan.

Perlu dilakukan diskusi lebih jelas mengenai niat, tujuan, ataupun alasan menikah agar tidak menjadi permasalahan di kemudian hari setelah menikah. Jika pria dari awal berniat langsung memiliki momongan, namun wanita lebih memilih menunda kehamilan. Maka hal ini dapat menjadi permasalahan dalam pernikahan mereka.

Jika tetap ingin menunda pernikahan, sebaiknya pria menggunakan alat kontrasepsi pilihan terbaik dari fiestacondoms.com karena kondom adalah alat kontrasepsi pilihan terbaik yang mampu memberikan keamanan dan kenyamanan. Serta menjadi satu-satu nya alat kontrasepsi yang tidak memberikan efek samping kepada pria ataupun wanita.

Perhitungkan juga langkah-langkah membangun keluarga ingin seperti apa, dalam mendidik keluarga serta bagaimana wanita dapat melayani suami saat berumah tangga. Semua harus sudah diperhitungkan dari awal.

2. Mempersiapkan Kesehatan Tubuh

Tidak banyak pasangan yang ingin menikah memiliki persiapan pernikahan yang baik bagi tubuh mereka. Pentingnya pola hidup sehat harus sudah diterapkan bahkan sebelum menikah, karena pernikahan adalah hal yang cukup kompleks jadi sangat diperlukan tubuh yang sehat untuk membangun keluarga yang sehat.

Pola hidup sehat yang harus dipersiapkan tidak hanya sebatas fisik saja, namun juga harus diperhatikan mental kedua belah pihak, baik dari sisi pria dan wanita.

3. Diskusikan dengan Keluarga

Setelah sudah melaraskan niat, alasan, serta tujuan menikah dan sudah menjalani pola hidup sehat. Lalu masuklah ke dalam tahap diskusi dengan keluarga. Lakukan perbincangan santai namun serius dengan keluarga sendiri, baru setelah itu pria datang ke rumah wanita untuk membicarakan keseriusan menikah.

4. Perpendek Waktu Lamaran Ke Pernikahan

Biasanya di Indonesia pada umumnya, jarak lamaran ke pernikahan bisa memakan waktu yang cukup lama. Hal ini dikarenakan beberapa faktor, salah satu nya adalah faktor gedung yang menunggu antrian untuk digunakan, hingga beberapa vendor yang dapat menunjang keberlangsungan pernikahan.

Namun perlu diketahui, bahwa kemungkinan permasalahan akan mulai timbul diantara jeda lamaran ke pernikahan. Jadi lebih baik dalam menentukan jadwal pernikahan seharusnya tidak begitu jauh jaraknya dari lamaran.

5. Atur Keuangan dan Persiapkan Anggaran Menikah

Persiapan pernikahan yang penting berikutnya adalah harus sudah terbiasa mengatur keuangan demi keberlangsungan pernikahan. Hitung semua perkiraan biaya yang dibutuhkan untuk menikah. Dari proses lamaran hingga setelah menikah.

Keuangan adalah salah satu faktor yang paling mudah memicu permasalahan dalam keluarga. Jika tidak bisa mengatur keuangan, baik pria dan wanita maka akan cepat menimbulkan permasalahan keluarga.

Anggaran pernikahan yang harus dipersiapkan berupa anggaran resepsi pernikahan, anggaran pada awal berumah tangga, anggaran kelahiran anak, hingga anggaran pendidikan anak. Semua itu harus diperhitungkan, dan termasuk faktor penting dari persiapan pernikahan yang wajib dilakukan.

Banyak sekali yang akan dibutuhkan setelah selesai menikah. Kebutuhan yang didasari oleh ekonomi akan meningkat 2-3x lipat dari finansial yang biasanya dikeluarkan sebelum menikah.

6. Persiapan Administrasi

Sebelumnya sudah dibahas mengenai persiapan pernikahan dari faktor internal pria dan wanita. Selanjutnya mempersiapkan dari sisi eksternal yaitu administrasi. Adminitrasi yang dimaksudkan adalah mengenai urusan menikah pada Kantor Urusan Agama (KUA). Sesuaikan lah dengan jadwal pernikahan yang sudah dirancang.

Beberapa dokumen yang diperlukan untuk KUA, diantaranya sebagai berikut :

7. Menentukan Lokasi Pernikahan

Penentuan lokasi saat menikah juga menjadi salah satu hal penting dalam persiapan pernikahan. Dibutuhkan diskusi dengan hati-hati saat menentukan lokasi pernikahan. Ada beberapa rekomendasi tempat pernikahan yang bisa dijadikan referensi calon pengantin, diantaranya :

  1. Menikah di Rumah

Persiapan pernikahan di rumah sebenarnya cukup mudah dilakukan, biasanya tidak membutuhkan banyak vendor pernikahan. Pernikahan yang dilaksanakan di rumah, pada dasarnya harus mendapatkan beberapa ijin terlebih dahulu dari RT dan RW setempat. Namun perlu diketahui, pernikahan yang dilaksanakan di rumah akan lebih melelahkan dibandingkan di gedung. Karena harus membereskan beberapa hal setelah acara pernikahan selesai.

  1. Menikah di Gedung

Sebenarnya hampir sama dengan menikah di rumah. Hanya saja, pernikahan yang berlangsung di gedung biasanya akan sulit mendapatkan waktu yang sama dengan rencana awal dari jadwal pernikahan yang sudah direncanakan. Jika gedung yang diinginkan adalah gedung favorit yang biasa digunakan untuk pernikahan yang cukup bergengsi, maka sebaiknya calon pengantin sudah memesan gedung tersebut paling tidak 1 tahun sebelum jadwal pernikahan yang direncakanan.

  1. Menikah ala Garden Party

Acara atau lokasi pernikahan berikutnya adalah berada di luar ruangan atau di lapangan terbuka, biasanya menggunakan konsep garden party. Konsep pernikahan seperti ini sedang trendy dan sering digunakan oleh anak muda jaman sekarang. Persiapan pernikahan yang dibutuhkan untuk konsep menikah seperti ini sebenarnya sama dengan persiapan menikah dengan konsep di dalam gedung. Tetap membutuhkan banyak vendor, hanya saja berada di lapangan terbuka.

8. Menentukan Jumlah Tamu Undangan

Saat pandemi sangat penting untuk membatasi jumlah tamu undangan pernikahan. Pentingnya mengatur jumlah pengunjung pernikahan juga menjadi salah satu hal penting dari persiapan pernikahan.

Masing-masing pihak calon pengantin memiliki kepentingan tersendiri dari tamu yang ingin diundang. Jika pada akhirnya tamu yang diundang cukup banyak, maka sebaiknya calon pengantin membagi jam tamu yang hadir (dibagi menjadi dua sesi). Misalkan sesi pertama adalah tamu dari pihak wanita, dan sesi kedua adalah tamu dari pihak pria.

9. Persiapan Pernikahan Pendukung

Selanjutnya adalah mempersiapkan hal penting lainnya yang tidak boleh sampai terlupakan, seperti penentuan catering, baju pengantin dan kostum keluarga besar, ingin menggunakan wedding organizer atau tidak, apakah diperlukan adanya brides maid dan grooms man, menentukan photographer, hingga desain undangan juga penting untuk dipersiapkan atau ditentukan oleh calon pengantin. Pasangan kamu mungkin akan lebih punya banyak opini soal ini. Kompromikan ya.

Penting untuk melakukan persiapan pernikahan menyeluruh, hingga memikirkan secara matang bagaimana menghadapi permasalahan di masa setelah pernikahan. Saat membangun rumah tangga akan ada lika-liku yang akan dilalui. Jumlah anak akan menjadi salah satu faktor membengkaknya kebutuhan finansial dalam keluarga.

Penting untuk merencanakan kehamilan. Kalau kalian masih akan menunda kehamilan, gunakan kondom terbaik dari fiesta. Kondom Fiesta memiliki kualitas kondom terbaik, tipis, sesuai dengan lifestyle generasi muda, kekinian, fun, dan juga fokus pada menyenangkan pasangan. Sangat cocok bagi pasangan muda yang ingin menunda atau merencanakan jumlah anak.

Kondom fiesta juga menjadi pilihan terbaik karena tidak memiliki efek samping yang dapat merugikan pria dan wanita. Kamu juga akan tambah yakin sebab kondom Fiesta ini merupakan kondom impor dan diproduksi dengan standar tertinggi internasional. Jadi Kamu tidak perlu ragu lagi dengan kualitas dan kenikmatan yang diberikan. Lebih pentingnya lagi, kondom ini sudah lolos tes uji sehingga sangat aman untuk digunakan dalam bercinta.