Pergaulan merupakan salah satu interaksi seseorang dengan orang lain sebagai jalan mencari teman. Pergaulan dibedakan menjadi dua, yakni pergaulan bebas dan pergaulan sehat. Di masa sekarang istilah pergaulan bebas harus dibedakan antara pergaulan bebas tetapi bertanggung jawab, dan pergaulan bebas sebebas-bebasnya. Pergaulan bebas sebebas-bebasnya inilah yang memiliki sisi negatif yang lebih besar sisi negative termasuk jika sudah menganut tradisi seks bebas bersama pasangan.

Salah satu penyebab munculnya pergaulan bebas biasanya adalah kesalahan dalam memilih teman. Selain itu sejumlah faktor seperti keadaan keluarga yang kurang harmonis dan kondisi ekonomi juga menjadi pendukung. Didalam ulasan berikut ini akan kita kupas semuanya.

Dampak Pergaulan Bebas Bagi Seseorang

Pergaulan Bebas

Dampak pergaulan bebas itu lebih banyak buruknya. Padahal jika kita menggunakan insting kita sebagai manusia dan jujur pada diri sendiri, kita sesungguhnya tahu apakah hal tersebut baik atau buruk efeknya bagi kita. Resiko paling utama dari pergaulan bebas yakni terkena indikasi berbagai penyakit termasuk AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome) atau HIV (Human Immunodeficiency Virus). Selain itu beberapa dampak lain yang muncul diantaranya:

Pergaulan Bebas - Kenakalan Remaja

Remaja di usia 12-18 tahun menjadi salah satu rentang usia yang sering bermasalah. Bahkan di usia ini para remaja paling mudah terindikasi pergaulan bebas. Mengingat di usia inilah para remaja memiliki keinginan untuk mencoba hal baru.

Dengan salah memilih teman ataupun lingkup pertemanan yang terlalu bebas inilah akan muncul dampak kenakalan remaja. Misalnya memakai obat terlarang, melawan perintah orang tua, pencurian dan tawuran.

Pergaulan Bebas - Menggunakan Narkoba

Dampak selanjutnya adalah berurusan dengan narkoba. Banyak kasus sudah diungkap oleh pihak kepolisian jika kenakalan iseng remaja menjadi awal konsumsi narkoba. Salah pergaulan inilah yang akan merusak kesehatan bahkan mental mereka secara perlahan.

Efek mengkonsumsi narkoba antara lain over dosis, sering berhalusinasi, gangguan organ hingga kematian di usia muda.

Pergaulan Bebas - Pendidikan Terhambat

Pergaulan bebas juga akan mempengaruhi pendidikan anak usia sekolah. Kebanyakan mereka akan sering menghabiskan waktu di luar sekolah. Membolos atau sering tidak mengikuti pelajaran hanya karena ingin menikmati hidup bersama teman. Sudah pasti mereka akan bermasalah dengan pendidikannya.

Pergaulan Bebas - Hamil di Luar Nikah

Pelaku pergaulan bebas sudah pasti akan memiliki resiko hamil di luar nikah. Apalagi jika pendidikan seks mereka kurang. Padahal saat ini sudah ada pelajaran seks di sekolah sebagai salah satu cara pencegahan. Beberapa metode pendidikan yang lebih liberal tetap tidak membolehkan hubungan seks bebas namun apabila terpaksa, harus aman dengan menggunakan kontrasepsi.

Salah satu usaha pencegahan kehamilan adalah memakai kondom jika melakukan seks. Kondom sebagai salah satu alat kontrasepsi pencegah kehamilan paling akurat. Bahkan jika digunakan selama berhubungan seks, dijamin pasangan Kamu kemungkinan tidak hamil 99% akurat. Berikut ini akan dikupas lengkap mengenai pemakaian kondom.

Cara Memakai dan Menggunakan Kondom

Pergaulan Bebas - Cara Memakai Kondom

Sebagai salah satu pencegahan dampak pergaulan bebas yakni hamil diluar nikah, tentu pemakaian kondom sangat disarankan. Sedikit saja cairan sperma masuk ke rahim perempuan, kemungkinan hamil sangatlah besar. Untuk itulah sebagai pasangan harus saling menjaga diri jangan sampai hamil tanpa terencana.

Pemakaian kondom pada sebagian besar pasangan yang sudah sering melakukan hubungan seks sudah dipahami. Alat kontrasepsi satu ini paling simple dipakai dan digunakan. Namun sebagai bentuk pencegahan atau meminimalkan resiko hamil, dibutuhkan langkah untuk memakainya. Dan langkah yang bisa dijalankan diantaranya:

Mengecek Kondisi Kondom

Pergaulan Bebas - Cek Kondisi Kondom

Meskipun setiap gondok memiliki pembungkus yang aman, tetapi sebelum digunakan harus dicek lebih dulu. Tujuan mengecek adalah untuk memastikan jika kondisi kondom yang dibeli belum masuk tanggal kadaluarsa.

Terdapat tanggal yang menandakan batas akhir pemakaian kondom. Jika pemakai tidak memahami tentang hal ini, tentu saja mereka akan mendapatkan resiko kondom rusak ataupun bocor ketika digunakan. Langkah pengamanan supaya tidak hamil pun tidak akan berjalan jika pengaman yang digunakan dalam kondisi tersebut.

Untuk menjamin keamanan sebuah kondom, bisa juga dengan cara meniupnya terlebih dahulu. Setiap pack yang terdiri dari beberapa kemasan, tentu akan dalam kondisi yang sama. Apabila salah satu diuji terlebih dahulu sudah pasti yang lainnya akan sama.

Apabila ingin memastikan aman juga bisa dengan cara diisi dengan air. Kondom dengan kondisi bagus tidak akan pecah apalagi bocor saat terkena tekanan air.

Sobek Bungkus Sesuai Aturan

Pergaulan Bebas - Sobek Bungkus Kondom

Kemudian saat membuka bungkus juga harus benar. Banyak pemakai kondom yang sudah merasa aman tetapi di luar prediksi pasangan mereka hamil. Salah satu penyebabnya adalah rusaknya kondom ketika membukanya.

Sebaiknya untuk membuka kondom jangan menggunakan alat seperti gunting ataupun silet. Bahkan kuku yang tajam juga dapat menimbulkan risiko sobeknya bagian dalam. Lebih baik membuka melalui panduan yang sudah terdapat pada bagian kemasan.

Memasang Kondom Secara Benar

Pergaulan Bebas - Memasang Kondom dengan Benar

Untuk memasang kondom juga membutuhkan ketelitian dan pastikan terlebih dahulu jika penis sudah dalam kondisi ereksi maksimal. Pemasangan kondom pada penis yang kurang ereksi juga menimbulkan masalah. Untuk itu tunggu penis ereksi dulu baru membuka pembungkus kondom.

Kondom merupakan serat elastis yang akan menyesuaikan kondisi pemakaian. Jadi akan sesuai dengan ukuran penis ketika sudah di pasang. Mulailah memasang mulai dari ujung sampai pangkal penis. Hal ini akan mencegah kondom copot didalam vagina dan terasa longgar ketika di gunakan untuk berhubungan seks.

Tahan Bagian Ujung

Pergaulan Bebas - Tahan Ujung Kondom

Dan yang juga harus diingat mengenai cara memakai kondom adalah menekan atau menahan bagian ujung lebih dulu. Saat dipasang pada penis tentu saja akan terdapat tekanan udara yang masuk. Tujuan paling utama menekan bagian ujung kondom adalah membuang udara yang ada di bagian ujungnya.

Adanya udara di ujung kondom tentu sangat beresiko. Ketika digunakan seks, kondisi kondom akan menekan maksimal ke vagina. Adanya tekanan berlebihan ini bisa saja membuat kondom pecah dan bocor ketika sperma memenuhi bagian ujung kondom saat ejakulasi.

Kondom Fiesta menjadi salah satu produk alat kontrasepsi yang disarankan bagi Kamu yang ingin menunda kehamilan. Dimana produk alat  kontrasepsi ini menawarkan berbagai jenis produk yang mengusung lifestyle, dengan berbagai flavor kekinian, difokuskan untuk kenikmatan seks Kamu.

Untuk mencegah dampak pergaulan bebas, memakai kondom yang aman memang pilihan terbaik saat ini. Karena dari berbagai tes uji ketahanan, Fiesta memberikan jaminan sepenuhnya kepada Kamu bisa terhindar dari resiko kehamilan dan tertular penyakit seksual.

Fiesta hadir dengan berbagai varian rasa dan aroma seperti durian, strawberry, grape, banana, bubblegum dan menawarkan sejumlah bentuk inovatif lainnya yang seru dalam produknya. Dengan dibekali pelumas alami, akan menghadirkan sensasi seks yang lebih menggairahkan bersama pasangan Kamu.

Nah, itulah sejumlah dampak bergaulan bebas dan sejumlah upaya untuk menekan sejumlah resiko yang akan ditimbulkannya. Jangan lupa untuk terus merubah pola pergaulan Kamu dengan menerapkan kehidupan yang lebih sehat dan teratur. Dan yang paling penting selalu gunakan kondom supaya Kamu terhindar dari penyakit kelamin dan resiko kehamilan yang tidak direncanakan. Semoga bermanfaat!