Pengetahuan kapan masa subur wanita dan pria penting banget, baik pada saat kamu dan pasangan sedang menjalani program kehamilan maupun menunda kehamilan. Masa subur wanita biasa disebut dengan ovulasi, waktu tersebut merupakan saat sel telur lepas dari indung telur dan siap untuk dibuahi. Banyak wanita dan apalagi pria, yang tidak sadar kalau wanita sedang dalam masa ovulasi, untuk itu penting mengetahui ciri wanita sedang masa subur yang akan dijelaskan di bawah ini.

12 Ciri Masa Subur Wanita dan Pria

Masa Subur Wanita - Cover

Kamu bisa mengetahui kapan waktu ovulasi itu datang dengan melihat ciri-ciri yang ditunjukkan oleh tubuh.

Wanita

Masa Subur Wanita - Wanita

Berikut ini ada beberapa ciri wanita dalam masa suburnya:

  1. Keputihan Yang Berbentuk Seperti Putih Telur

Saat wanita dalam masa ovulasi biasanya akan memproduksi hormon estrogen lebih banyak. Sehingga tubuhnya akan mengalami keputihan yang berbentuk seperti putih telur. Cairan keputihan tersebut berwarna bening dan elastis ini akan dapat membantu sperma bisa berenang lebih mudah untuk membuahi sel telur.

  1. Lebih Peka Terhadap Bau

Saat masa subur wanita akan lebih sensitif terhadap bau atau penciuman nya. Saat masa subur tersebut wanita akan dapat merasakan aroma dari feromen dari zat kimia yang dikeluarkan pasangannya.

  1. Payudara Terasa Sakit

Karena mengalami perubahan hormon sebelum atau sesudah ovulasi ini berpengaruh terhadap payudara. Tidak jarang hampir semua wanita akan merasakan payudara terlebih pada putingnya merasakan sakit ketika dalam masa subur.

  1. Nyeri Pada Pinggul

Ketika masa subur wanita akan merasakan nyeri pada perut bagian bawah hingga pinggulnya. Rasa sakit tersebut biasanya tidak parah dan terjadi pada salah satu sisi perut dan berlangsung tidak lama. Ketika wanita merasakan nyeri pada pinggulnya tersebut terkadang dibarengi dengan rasa mual dan ingin muntah.

  1. Hasrat Ingin Seks Semakin Tinggi

Ketika wanita dalam masa ovulasinya akan memiliki hasrat seks yang lebih tinggi dibandingkan biasanya. Hal tersebut memang alami terjadi karena untuk proses program kehamilan. Tingginya hasrat seks ini juga dibarengi dengan perubahan fisik. Biasanya wanita akan tampak lebih seksi saat masa suburnya.

Pada masa tersebut struktur tulang wajah pada wanita akan nampak bergeser. Selain itu jika wanita jalan akan lebih seksi sebab pinggulnya akan lebih berayun dibandingkan biasanya.

  1. Posisi Leher Rahim Berubah

Saat wanita dalam masa suburnya maka posisi leher rahimnya atau serviks akan berubah. Bila tidak dalam masa subur posisi serviks akan mudah untuk diraba atau dekat pada vagina. Sebelum masa ovulasi leher rahim tersebut posisinya akan bergerak ke atas dan akan lebih sulit jika diraba.

  1. Suhu Basal Tubuh Bertambah

Wanita akan mengalami peningkatan suhu basal tubuhnya ketika dalam masa subur. Suhu basal tubuh merupakan suhu tubuh ketika dalam istirahat. Perubahan tersebut juga dapat dipengaruhi dari aktivitas, hormon, makanan, kebiasaan tidur dan masalah kesehatan.

Agar mengetahui suhu basal kamu bisa melakukan pengukuran suhu ketika pagi hari setelah bagun tidur sebelum buang air kecil. Suhu basal tubuh ini tidak akan jauh berbeda bila wanita mempunyai pola tidur yang konsisten.

Pria

Masa Subur Wanita - Pria

Setelah mengetahui berbagai ciri masa subur wanita selanjutnya kamu juga perlu tahu soal masa subur pria. Jauh lebih sederhana, masa subur optimal pria sesuai usia adalah hingga 40 tahun dengan kualitas terbaik di pagi hari.

Apa yang sebaiknya dilakukan supaya masa subur wanita tetap terjaga agar proses program hamil bisa lebih lancar. Mari simak penjelasan berikut:

  1. Menjaga Tubuh Dalam Keadaan Bugar Dan Otot Terlatih Dengan Baik

Tidak perlu membuat otot sampai nampak six pack, yang terpenting otot tersebut terlatih dengan baik dan tubuh dalam keadaan bugar. Dalam kondisi tersebut tentu akan berpengaruh terhadap sperma pria yang juga dalam keadaan prima dan hubungan seks yang tahan lama.

  1. Memiliki Pola Makan Yang Terjaga

Jika pria menerapkan pola makan yang sehat terlebih makanan yang kaya akan kandungan omega 3, akan berpengaruh terhadap produksi sperma dalam tubuh. Jika pria sering makan ikan yang kaya akan kandungan omega 3, tentu membuat sperma akan menjadi lebih kuat untuk bergerak.

  1. Jarang Memakai Celana Dalam Ketat

Agar pria dapat menjaga kualitas spermanya di masa subur, sebaiknya jangan suka memakai celana dalam yang ketat. Bahkan penelitian telah dibuktikan jika pria menggunakan celana dalam yang longgar akan menurunkan resiko mengalami masalah sperma.

  1. Mengurangi Kebiasaan Memakai Plastik

Mengurangi penggunaan plastik untuk bungkus atau kemasan makanan bukan hanya berpengaruh baik pada lingkungan tetapi juga baik untuk masa subur pria dan meningkatkan kualitas spermanya.

Di atas telah dijelaskan berbagai ciri masa subur wanita dan pria yang penting untuk kamu ketahui jika ingin menjalani program kehamilan. Melakukan hubungan seks pada waktu tersebut juga akan lebih efektif dan bisa segera mendapatkan kehamilan yang diharapkan. Selain itu untuk keefektifan program tersebut pasangan juga perlu menerapkan pola hidup sehat yang juga penting.

Info soal masa subur juga penting bila kamu dan pasangan sedang menunda kehamilan, dengan tidak berhubungan saat pasangan atau kamu sedang dalam masa subur. Tetapi berhubungan saat masa subur wanita dan pria bisa tetap aman dan menyenangkan dengan menggunakan kondom Fiesta. Kondom Fiesta menawarkan berbagai jenis produk yang mengusung lifestyle, dengan berbagai flavor kekinian, difokuskan untuk kenikmatan seks Kamu.

Fiesta hadir dengan berbagai varian rasa dan aroma seperti durian, strawberry, grape, banana, bubblegum dan menawarkan sejumlah bentuk inovatif lainnya yang seru dalam produknya. Untuk kenikmatan lebih lama, kamu bisa coba Fiesta Delay. Coba juga Max Dotted dengan sensasi soft dots (bintil halus) yang dijamin bikin pasangan tambah senang. Semua varian dibekali pelumas alami, akan menghadirkan sensasi seks yang lebih menggairahkan bersama pasangan Kamu.

Tips Pola Hidup Sehat Saat Agar Masa Subur Kamu Lebih Berkualitas

Masa Subur Wanita - Tips Pola Hidup Sehat

Berikut 5 tips terbaik mengenai pola hidup sehat untuk memberikan kualitas terbaik ketika kamu sedang dalam fase masa subur wanita saat program kehamilan.

  1. Pola Makan

Menjaga pola makan ini sangat penting untuk program kehamilan. Sebab makanan sangat berpengaruh terhadap tingkat kesuburan pria maupun wanita. Kamu bisa mengonsumsi banyak macam makanan yang sehat dengan banyak kandungan nutrisi mulai dari kalsium, zat besi hingga protein.

  1. Berhenti Merokok

Sangat penting untuk pria yang menjalani program kehamilan berhenti merokok atau tidak merokok sama sekali. Selain buruk untuk masa subur wanita dan juga kesuburan pria nyatanya merokok juga tidak baik bagi wanita sebab akan mengubah resiko kehamilan ektopik.

  1. Mengurangi Kafein

Penerapan pola hidup sehat untuk program kehamilan yaitu mengurangi mengkonsumsi kafein setiap harinya. Konsumsi kafein yang berlebihan akan membuat kesempatan dapat hamil akan menurun.

  1. Berat Badan Ideal

Jika kamu terlalu gemuk maka sebaiknya perlu berusaha untuk menurunkan berat tubuh kamu. Tetapi juga tidak baik bila berat badan terlalu sedikit. Jika ingin cepat hamil sebaiknya jaga berat badan tetap ideal dengan mengonsumsi makanan yang sehat yang tinggi kandungan seratnya.

  1. Olahraga

Lakukan olahraga secara rutin ini supaya bisa menambah kesuburan untuk program kehamilan. Olahraga untuk program kehamilan ini berbeda dengan olahraga membentuk tubuh. Sebaiknya kamu jangan terlalu berlebihan melakukan aktivitas ini. Kamu bisa melakukan konsultasi kepada dokter untuk memilih olahraga apa yang cocok untuk kamu yang dalam program kehamilan.

Itulah informasi mengenai berbagai ciri masa subur wanita dan pria serta bagaimana cara penerapan pola hidup sehat untuk program kehamilan. Semoga dengan adanya informasi tersebut bisa memperlancar keinginan kamu untuk segera mendapatkan buah hati yang kamu impikan.