Manfaat tidur telanjang sangat banyak untuk kesehatan tubuh. Selama ini, mungkin banyak orang yang menganggap tidur telanjang hanya sebagai hal yang hanya dilakukan oleh orang Amerika atau Eropa. Di Indonesia, tidur telanjang bukan hal yang lazim dilakukan, padahal ternyata, manfaat tidur telanjang mempunyai efek yang baik bagi kesehatan.

Seperti diketahui, tidur merupakan sebuah kebutuhan bagi tubuh yang sangat penting. Sebab jika kamu kurang tidur, maka akan muncul sejumlah masalah kesehatan pada tubuh. Bahkan parahnya, ketika kamu mengalami kekurangan jam tidur yang terus-menerus, maka bisa berdampak depresi.

Ternyata tidur telanjang merupakan sebuah cara dalam meningkatkan kualitas tidur. Agar kamu mendapatkan manfaat dan keseruan tidur tanpa busana, simak ulasan lebih detail di bawah ini.

9 Manfaat Tidur Telanjang bagi Kesehatan, Apa Saja?

Manfaat Tidur Telanjang

  1. Tidur lebih nyenyak

Manfaat tidru telanjang pertama adalah tidur akan terasa lebih nyenyak. Ketika kamu tidur malam, maka suhu tubuh akan menurun. Secara teori begini, penurunan suhu tubuh pada malam hari akan membantu mempercepat produksi hormon tidur nyenyak. Hal tersebut sekaligus menurunkan tingkat kortisol dalam tubuh. Kemudian saat menjelang pagi, suhu tubuh dan kortisol akan naik kembali dalam mempersiapkan diri untuk lonjakan energi baru saat bangun pagi.

Namun proses ini bisa terganggu oleh suhu panas tubuh yang dikarenakan menggunakan pakaian yang berlapis-lapis. Mulai dari pakaian dalam, celana pendek, baju tidur, hingga selimut. Dari kain yang berlapis-lapis tersebut bisa menimbulkan ekstra panas yang bisa membuat tubuh bisa menjadi gerah dan tidur tidak nyenyak.

  1. Bikin awet muda

Manfaat tidur telanjang kedua adalah membuat tubuh awet muda. Lingkungan tidur yang hangat dan lembab bisa membuat suhu tubuh untuk tidur nyenyak menjadi naik. Suhu tubuh yang tinggi saat tidur ini, akan mengganggu produksi hormon anti penuaan yang seharusnya bekerja memperbaiki setiap kerusakan dalam tubuh.

Lalu ketika kamu tidur dalam keadaan gelap dan telanjang, maka melatonin lepas dan memicu pendinginan suhu inti tubuh. Saat suhu tubuh menurun, hormon awet muda akan dilepas dan menunjukkan keajaiban regeneratifnya, memperbaiki sel-sel tersebut, dan membantu memuluskan muka. Namun jika kamu tidur dengan menggunakan pakaian, maka proses ini akan terhambat dikarenakan panas tambahan yang menyelimuti tubuh.

  1. Memperkuat kekebalan tubuh

Selama tidur, tubuh yang kepanasan membuat hormon stres kortisol tetap tinggi. Kadar tinggi kortisol membuat sistem imun tubuh melemah, meningkatkan tekanan darah dan kolesterol, menurunkan libido, menambah nafsu makan, dan mengganggu keseimbangan hormon dalam tubuh.

Tidur seringkali disebut sebagai obat yang baik untuk berbagai kondisi. Sebab didalam tidur sendiri terjadi pelepasan berbagai hormon tubuh. Sebab dalam sebuah penelitian disebutkan jika hormon pertumbuhan dilepas saat tidur malam. Tidur yang nyenyak dengan suhu tubuh yang baik akan membuat performa tubuh meningkat dan menurunkan tekanan darah hingga 20-30%. Lalu parahnya jika kamu kurang tidur, maka resiko diabetes dan penyakit jantung bisa meningkat.

  1. Mencegah infeksi jamur

Bagi kebanyakan dari kita, tidak mungkin rasanya tidur tanpa pakaian dalam. Namun ternyata, hal tersebut membuat produksi keringat di sekitar selangkangan semakin meningkat sehingga bisa tumbuh jamur yang menjadi penyebab kemunculan infeksi. Dengan tidur telanjang, kamu bisa membiarkan area intim bernapas lega dan tetap kering, sehingga bisa mencegah keringat berlebih.

  1. Menyehatkan vagina

Manfaat tidur telanjang kelima adalah menyehatkan organ intim. Beberapa peneliti mengatakan bahwa penting bagi perempuan untuk sesekali tidak menggunakan pakaian dalam saat tidur. Dengan membiarkan udara mengalir di sekitar vagina saat tidur, membuat vagina menjadi lebih sehat, dan terhindar dari iritasi, infeksi, juga gatal-gatal pada area kewanitaan.

Seperti yang kita ketahui bahwa jamur, bakteri, dan ragi berkembang biak pada tempat yang hangat, gelap, dan lembap. Setiap hari area kewanitaan, tertutup rapat oleh beberapa lapis pakaian yang bisa menjadi penyebab menumpuknya kelembapan di area selangkangan. Maka jadi penting untuk manfaat tidur telanjang.

  1. Meningkatkan kualitas sperma

Sebuah penelitian menyebutkan jika pria yang tidur dengan menggunakan celana dalam atau boxer cup berbahaya. Hal ini beresiko merusak DNA sperma yang bisa membahayakan peluang kamu dalam memiliki anak. Suhu tubuh yang meningkat di testis, juga menjadi penyebab menurunnya kualitas sperma.

Tidur dengan telanjang pada malam hari juga bisa meningkatkan kualitas sperma hingga 25%. Maka dari itu, manfaat tidur telanjang sangat baik bagi pria saat tidur malam.

  1. Seks yang lebih baik

Orang yang tidur dengan telanjang disebut mempunyai seks yang lebih baik. Bahkan dalam sebuah survei disebutkan jika tidur telanjang membuat kepuasan seksual antar pasangan menjadi meningkat. Terlebih jika dibandingkan dengan orang yang tidur dengan pakaian lengkap.

Tidur telanjang memberikan reaksi pelepasan hormon atau mood baik oksitosin ketika kontak antar kulit selama tidur, sama dengan dengan orgasme ketika melakukan aktivitas seks. Hormon oksitosin melawan stress dan depresi dengan memerangi efek berbahaya dari kortisol dan mengurangi tekanan darah.

Hal tersebut bisa membuat kamu merasa lebih bahagia, lebih dekat secara emosional dan fisik dengan pasanganmu. Sehingga, saat berhubungan seks menjadi lebih bergairah. Kamu dan pasangan akan semakin bergairah lagi bila menggunakan Kondom Fiesta Ultra Thin yang lebih tipis dengan sensasi maksimal. Kondom Fiesta Ultra Thin merupakan kondom yang dibuat dari lateks alami kualitas terbaik yang lebih tipis dan lebut untuk mendapatkan rasa sentuhan yang lebih alami.

  1. Mencegah Terjadinya Penyakit Kulit

Banyak dari kalian yang tidak sadar jika terdapat bagian tubuh yang selalu dalam kondisi lembap karena tertutup dan berupa lipatan. Bagian tubuh lembap tersebut bisa menjadi tempat yang disukai jamur atau bakteri, untuk tumbuh dan berkembang.

Manfaat tidur telanjang memberikan kesempatan pada seluruh tubuh supaya bisa terkena udara. Kelembaban di area-area seperti selangkangan, ketiak, kaki, dan bagian lainnya akan berkurang ketika terekspos udara. Hal ini sangat berpengaruh dalam pencegahan pertumbuhan dan perkembangbiakan jamur dan bakteri.

  1. Mencegah Penambahan Berat Badan

Manfaat tidur telanjang terakhir adalah mencegah penambahan berat badan. Ketika kamu tidur tanpa mengenakan pakaian, suhu malam yang dingin akan membuat tubuh kita menghangatkan diri secara otomatis, dengan melakukan pembakaran kalori secara alami di dalam tubuh. Hal ini membantu mencegah penambahan berat badan.

Seperti itulah manfaat tidur telanjang yang mungkin belum kamu ketahui. Walaupun tidur telanjang bukan sesuatu yang umum dilakukan, kamu harus coba dan rasakan manfaatnya terhadap kualitas tidur kamu. Pastikan situasi dan kondisi mendukung. Jangan tidur telanjang dengan jendela terbuka, tetap sediakan selimut, pasang obat nyamuk bila perlu dan kunci pintu. Selamat mencoba.