Sebagian besar masyarakat Indonesia mengenal kondom sebagai alat untuk mencegah kehamilan saat berhubungan seks dengan pasangan. Perlu diketahui manfaat kondom dan efek samping menggunakan kondom juga berfungsi sebagai alat kontrasepsi untuk mencegah penularan penyakit saat berhubungan seks.

Seiring berjalannya waktu, kondom memiliki berbagai jenis dan bahan. Seperti Fiesta, kondom anak muda yang populer,  memiliki banyak warna dan varian rasa yang dapat membuat gairah seks pasangan akan meningkat.

Manfaat Kondom dan Efek Samping Menggunakan Kondom

Manfaat Kondom dan Efek Samping

Manfaat dan efek samping kondom saat digunakan berhubungan seks lainnya, sangat berkaitan dengan kepuasan terhadap pasangan. Bagaimanapun juga, berhubungan seks sudah teruji dapat membakar kalori. Manfaat kondom dan efek samping penggunaan kondom pada saat berhubungan seks yang lebih lengkap:

1. Sebagai Kontrasepsi Tambahan

Manfaat kondom dan efek samping penggunaan kondom yang pertama adalah sebagai kontrasepsi tambahan. Berbagai macam kontrasepsi yang beredar di Indonesia seperti Implan, Pil dan Suntikan dapat efektif mencegah kehamilan sebesar 99 persen jika digunakan dengan cara yang benar. Selain menggunakan kontrasepsi yang disebutkan diatas, Kondom dapat menjadi opsi tambahan untuk digunakan sebagai alat kontrasepsi tambahan saat berhubungan seks dengan pasangan.

2. Mudah Ditemukan atau Dibeli

Kondom termasuk alat kontrasepsi yang paling mudah ditemukan dibanding alat kontrasepsi lainnya seperti Implan, Pil dan Suntikan. Membeli Kondom juga tidak perlu menggunakan resep dokter atau membuat janji dengan penyedia layanan kesehatan.

3. Meningkatkan Gairah Seks

Apabila saat berhubungan seks memikirkan takut tertular penyakit dari pasangan atau takut pasangan hamil, gairah seks pasti akan menurun karena stress memikirkan hal-hal tersebut. Menggunakan Kondom dapat menenangkan pikiran sehingga meningkatkan gairah seks dan yang paling penting adalah mencegah kehamilan pada pasangan. Selain itu, memperhatikan masa subur wanita juga penting untuk mencegah kehamilan.

4. Mencegah Risiko Infeksi

Menggunakan kondom pada saat berhubungan seks dapat mencegah risiko infeksi yang ditularkan oleh bakteri alami yang ada di dalam vagina.  Sperma dapat membuat bakteri baik yang ada di dalam vagina sulit bertahan hidup. Dengan menggunakan kondom, sperma akan tertahan di dalam kondom dan tidak akan mengganggu pH di dalam vagina sehingga bakteri baik di dalam vagina tetap hidup dan berkembang.

5. Mencegah Kehamilan

Kondom dibagi menjadi 2 jenis diantaranya internal dan eksternal. Tetapi masing-masing jenis kondom internal dan kondom eksternal tetap dapat membantu mencegah kehamilan dan memiliki manfaat dan efek samping.

Kondom Internal

Kondom internal dapat efektif mencegah kehamilan, mencegah penularan penyakit dan infeksi sebesar 95 persen.

Langkah-langkah menggunakan kondom internal dengan baik dan benar.

Kondom internal sangat dianjurkan untuk pengguna yang memiliki alergi pada bahan lateks.

Kondom Eksternal

Kondom eksternal dapat efektif mencegah kehamilan, mencegah penularan penyakit dan infeksi sebesar 98 persen sampai 99 persen. Kondom eksternal banyak yang berbahan lateks alami seperti yang ada di produk Kondom Fiesta.

Langkah-langkah menggunakan kondom eksternal dengan baik dan benar.

6. Mencegah Penularan Infeksi Seksual

Selanjutnya manfaat kondom dan efek samping penggunaan kondom adalah mencegah penularan infeksi seksual. Kondom merupakan alat kontrasepsi untuk mencegah kehamilan dan penyakit menular lainnya yang sudah disebutkan diatas. Penggunaan kondom juga dapat mengurangi risiko penularan saat seks oral. Selanjutnya, kondom juga diperlukan saat jari tangan menyentuh organ vital wanita agar tidak mengakibatkan penularan dari jari tangan yang sudah masuk ke dalam organ vital wanita.

7. Efek Samping Penggunaan Kondom

Asthma and Allergy Foundation of America mengatakan populasi di dunia yang alergi dengan bahan lateks sebesar 1 persen. Setelah hasil penelitian ini keluar, perusahaan produksi kondom membuat kondom yang berbahan non-lateks diantaranya menggunakan bahan polietilen, poliisoprena dan poliuretan. Dari bahan-bahan tersebut fungsi kondom tetap sama sebagai pencegah kehamilan dan pencegah penularan penyakit.

8. Harga Terjangkau

Kondom memiliki harga yang sangat terjangkau dibanding dengan alat kontrasepsi lainnya seperti Implan, Pil dan Suntikan. Kondom juga memiliki harga yang variatif. Alat kontrasepsi kondom ini tersedia dari harga termurah sampai dengan harga termahal. Harga tersebut tergantung dari ketipisan bahan yang akan dipilih. Semakin tipis bahan maka semakin mahal harganya.

9. Durasi Berhubungan Seks

Manfaat kondom dan efek samping lainnya adalah menggunakan kondom pada saat berhubungan seks dapat membuat penetrasi menjadi bertahan lebih lama sehingga tidak terlalu cepat ejakulasi.

10. Mudah Dibersihkan

Arti dari mudah dibersihkan ini bukan berati kondom dapat digunakan kembali setelah dipakai melainkan metode alat kontrasepsi kondom mudah dibersihkan setelah berhubungan seks. Kondom hanya perlu dilepas saja dari penis lalu dibuang. Jangan membuang kondom sembarangan karena banyak bakteri yang ada di sperma. Sebaiknya membuang kondom dengan dilapisi kantong plastik dan langsung dibuang keluar rumah.

Dengan menggunakan kondom, pasangan yang sudah berhubungan seks tidak perlu memikirkan apakah ada cairan sperma masuk ke dalam vagina atau tidak. Sudah dapat dipastikan apabila kondom tidak bocor, maka cairan sperma tidak akan masuk ke dalam vagina.

Kesimpulan

Demikianlah manfaat kondom dan efek samping penggunan kondom pada saat berhubungan seks. Penggunaan Kondom Internal maupun Kondom Eksternal dapat mencegah kehamilan hampir 100 persen. Selain untuk mencegah kehamilan, manfaat kondom dan efek samping penggunaan kondom adalah mencegah penularan penyakit dan infeksi yang disebabkan melalui organ vital wanita atau pria.

Kondom Fiesta adalah kondom yang sesuai dengan lifestyle generasi muda, kekinian, fun, dan juga fokus pada menyenangkan pasangan. Kamu juga akan tambah yakin pilih kondom fiesta sebab kondom Fiesta ini merupakan kondom impor dan diproduksi dengan standar tertinggi internasional. Jadi Kamu tidak perlu ragu lagi dengan kualitas dan kenikmatan yang diberikan. Lebih pentingnya lagi, kondom ini sudah lolos tes uji sehingga sangat aman untuk digunakan dalam bercinta. Dan paling pentingnya lagi, Fiesta Condoms sedang ada promo menarik di Sutra Fiesta Andalan Official Shop dengan diskon up to 35% dan kamu juga bisa mendapatkan exclusive gimmick dari Fiesta Condoms.