Graffiti merupakan seni menggambar kata dalam penyampaian pesan secara visual kepada publik. Dinding atau tembok dengan permainan warna, garis dan volume menjadi media pembuat graffiti dalam menyampaikan pesannya.

Di Indonesia, graffiti mungkin sudah dikenal sejak era perjuangan kemerdekaan dalam menyebarkan semangat perjuangan, seperti yang dilakukan oleh pelukis Affandi dengan karyanya yang bertuliskan “Merdeka Atau Mati” dan menjadi masterpiece hingga saat ini. Sempat vakum panjang, pada tahun 90-an seni graffiti kembali populer di Indonesia.

Kini buat para pecinta graffiti tak perlu bingung menemukan media berekspresi. Kamu pun dapat memanfaatkan aplikasi graffiti di smartphone berbasis Android. Berikut 5 aplikasi yang bisa kamu unduh di playstore dan install di ponsel:

1.   Graffiti Maker
Aplikasi graffiti ini cocok bagi kamu yang berada pada level pemula. Hanya sekitar 11 MB, Graffiti Maker masih bisa beroperasi dengan baik di ponsel yang memiliki RAM rendah. Setelah mengunduh dan meng-install aplikasi ini di ponsel, kamu hanya tinggal memasukan kata yang ingin kamu buat dan klik ‘create’. Lalu ubah warna shadow, line, style, dan background sesuka hati. Kamu perlu mengeluarkan kocek sebesar Rp 5000,- untuk mengganti font default dengan tipe huruf lain.

2.   Graffiti Unlimited
Aplikasi graffiti ini mengajak penggemar graffiti seolah berkarya di ruang publik, seperti kereta, stasiun bahkan badan truk barang. Graffiti Unlimited juga mampu menggabungkan gambar graffiti yang kamu buat dengan video sehingga tampak lebih nyata. Sayangnya, selain ukurannya yang besar, sekitar 94 MB, aplikasi ini kurang bersahabat untuk pemula. Graffiti Unlimited ini memang pas untuk kamu yang suka tantangan berkarya graffiti tanpa mengandalkan template dari aplikasi bawaan.

3.   Smoke Graffiti Name Art
Mendapat bintang 4.3 dan telah di download lebih dari 1.000.000 pengguna android, aplikasi Smoke Graffiti Name Art bisa kamu andalkan untuk membuat tulisan graffiti. Sangat mudah digunakan dan didukung oleh pilihan font, sticker dan tools efect yang menarik, pasti bisa bikin hasil graffiti kamu keren. Kamu bisa langsung share ke social media, agar orang lain bisa mengapresiasi karya foto yang telah didekorasi bersama teks keren.

4.   Graffiti Logo Maker App
Graffiti Logo Maker App menyediakan beragam pilihan background effect artistik, stiker-stiker tulisan yang sangat identik dengan graffiti, seperti kaleng pilox atau pria sedang menggambar, dan banyak jenis font yang akan membuat hasil graffiti kamu lebih keren. Karena Graffiti Logo Maker merupakan aplikasi gratis, pop up iklan terlalu sering muncul dan sangat mengganggu ketika sedang asik menggambar.

5.   Graffiti Creator
Graffiti Creator sebenarnya mirip dengan Graffiti Logo Maker App. Penggunaannya sangat mudah, dilengkapi background effect, dan beragam font. Namun stiker pada aplikasi ini tidak sebanyak Graffiti Logo Maker. Untungnya, pengguna pemula tetap dapat mengandalkan aplikasi ini. Butuh tantangan? Graffiti Creator juga memungkinkan kamu menggambar secara manual tanpa harus mengandalkan template bawaan aplikasi.

Dari ke 5 aplikasi di atas, mana nih, aplikasi jagoan kamu?

Jika kamu pecinta warna-warna terang seperti ekspos warna dalam karya graffiti, mungkin itu merefleksikan sifat kamu yang periang dan selalu bersemangat. Dalam hubungan, kamu pun selalu bergairah dan terbuka dengan berbagai hal baru. Tentu saja, Fiesta Neon Glow adalah pelindung yang pas untuk sesi bercinta spesial.

Sebelum beraksi, siapkan Fiesta Neon Glow dan letakkan di bawah cahaya selama 30 detik. Ketika ruangan gelap gulita, kondom ini akan memancarkan cahaya terang hijau neon. Seru, kan?

Jangan khawatir. Fiesta Neon sudah terjamin keamanannya karena sudah mengantongi lisensi dari Kementrian Kesehatan dan merupakan kondom glow in the dark pertama di Asia Tenggara yang diakui oleh lembaga kesehatan resmi. Wow!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *