Tidak semua panggilan kerja menjelaskan bahasa pengantar selama wawancara. Karena itu, kamu harus siaga ketika kesempatan berharga itu datang. Eits, nggak usah panik dan nggak perlu minder. Walau bahasa Inggris kamu pas-pasan, tetap pede saja.

Beberapa perusahaan memang biasa menguji kemampuan calon karyawannya menggunakan bahasa Inggris. Yang penting kamu sudah melakukan persiapan matang agar proses wawancara kerja bahasa Inggris kamu aman.

Nah, untuk membantu kamu menyiapkan diri menghadapi situasi itu, berikut jawaban wawancara kerja bahasa Inggris yang bisa kamu coba.

Gunakan bahasa Inggris formal

Tunjukan kepada sang pewawancara kerja kalau kamu adalah seorang profesional yang bisa menempatkan diri sesuai situasi. Dan karena kamu sedang menghadapi situasi formal, maka berbicaralah dengan bahasa Inggris formal. Saat sang pewawancara menyapa, seberapapun asyiknya mereka, jangan ucapkan kata-kata slang atau kalimat yang sangat tidak resmi, seperti, “Hey, man” atau “Totally stoked”. Lebih baik sapa sang pewawancara kerja dengan kalimat, seperti “It’s nice to meet you” atau “I’m glad to be here”.

Berikan jawaban umum

Biasanya, pewawancara akan memulai sesi wawancara dengan meminta kamu menceritakan tentang dirimu. “Tell me about yourself.”

Saat kamu diberi pertanyaan ini, nggak perlu buru-buru menceritakan detail tentang keluargamu, mantan-mantanmu, atau hal personal yang tak berhubungan dengan pekerjaan. Jawab saja secara umum. Mulai dengan menyebutkan nama kamu, lulusan mana atau saat ini bekerja di mana, dan ceritakan sekilas tentang keunggulan kamu. Misalnya, “Hello, Miss, my name is…”, “I have some experiences in…”, “I’m good at…” dan seterusnya.

Gunakan kalimat optimis dan semangat

Salah satu pertanyaan tricky yang biasa disampaikan pewawancara kerja adalah tentang rencana kamu dalam 5 tahun ke depan. “Tell me, what do you see yourself 5 years from now?”

Pertanyaan ini sebenarnya punya beberapa tujuan. Salah satunya adalah untuk menggali karakter kamu. Apakah kamu seorang yang punya cita-cita, optimis, dan punya semangat kerja.

Jawab saja, “Within 5 years, I want to…”, “So I will improve my…”, dan seterusnya. Berikan jawaban yang masuk akal dan mengesankan kamu memang punya rencana untuk masa depan, termasuk untuk karier kamu.

Selalu beri kesan positif

Pertanyaan tricky lainnya adalah tentang kelemahan kamu. Kalau soal keunggulan, kamu pasti bisalah jawabnya. Kalau kelemahan? Hati-hati, jawaban kamu malah bikin posisi kamu jadi lemah di mata pewawancara.

Coba sebutkan satu saja tapi mengesankan, dan kamu mau menjalani proses belajar menjadi lebih baik, atau mengesankan kalau kelemahan itu bisa menjadi sesuatu yang positif. Misalnya, “I make plans but sometimes I take risk to think faster on urgent decision.”

Bicara berdasar riset

Terakhir tapi tak kalah penting, biasakan melakukan riset kecil-kecilan sebelum masuk ke ruang wawancara kerja. Karena pertanyaan-pertanyaan yang disampaikan bisa jadi hal-hal dasar yang seharusnya bisa kamu siapkan sebelumnya. Seperti, apa yang kamu ketahui tentang perusahaan itu, atau bahkan berapa sih gaji yang kamu harapkan? “How much is your salary expectation?”

Soal gaji, kamu boleh menjawab secara diplomatis, “I believe this company have good standard,” tanpa menyebutkan angka pasti. Tapi kamu juga bisa menjawab tegas, “I’m expecting.…” Hati-hati, jangan terlalu tinggi sampai sang pewawancara mengurungkan niat untuk mengajak kamu bergabung, tapi jangan terlalu rendah agar kamu tidak merasa kurang di belakang. Makanya, penting untuk mencari tahu, berapa sih gaji yang pas untuk posisi yang ditawarkan.

Nah, kamu sekarang pasti setuju kalau persiapan itu sangat penting untuk menghadapi situasi tak terduga. Sama seperti alasan kamu untuk selalu siaga membawa Fiesta Party Pack di pouch kamu. Dengan 4 varian dan 12 pengaman, Fiesta Party Pack akan membuat kamu siap menyenangkan si dia. Dan pastinya, si dia tidak akan pernah bosan mendatangi kamu kapan saja, untuk merasakan sensasi beraroma strawberry, mint, pisang dan durian. Ayo, pastikan kamu selalu siap ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *