Hubungan jarak jauh, orang seringkali menyebutnya LDR atau Long Distance Relationship dinilai mustahil dapat bertahan lama karena terkendala jarak dan waktu. Meski tak tampak seperti jalinan hubungan yang ideal, namun banyak pasangan yang berhasil dan berakhir bahagia. 

Upaya happy ending dalam menjalin hubungan jarak jauh bersama pasangan, meski jarak memisahkan tentu saja tidak semudah membalikan telapak tangan. Dibutuhkan kesabaran, kepercayaan dan pengorbanan. 

Jika saat ini Anda tengah menjalani hubungan dan salah satu dari kalian terpaksa berpindah ke tempat yang jauh? Lalu bingung apakah ingin menjadi pejuang LDR atau tidak? Sebelum memutuskan atau memulai hubungan jarak jauh, simak 10 hal berikut ini : 

Sudah berapa lama berkencan? 

“Sudah berapa lama Anda berkencan?” Pertanyaan sangat mendasar ini sangat krusial. Jika jangka waktu berpacaran hanya selama satu minggu, maka Anda tidak akan cukup tahu tentang pasangan, atau memiliki hubungan yang cukup kuat untuk mempertahankan hubungan jarak jauh. Lamanya berkencan sangat menentukan kualitas hubungan jarak jauh. 

Bicara tentang masa depan 

Saat memulai hubungan yang serius, sangat penting untuk membicarakan masa depan dengan pasangan. Misalnya saja tentang pandangan hidup pasangan, pengaturan hidup, pernikahan, agama dan nilai-nilai kehidupan. Dari situlah Anda tahu bahwa pasangan Anda adalah orang yang patut Anda perjuangkan, termasuk berjuang mempertahankan hubungan meski jarak dan waktu memisahkan.

Jangan jalani hubungan jarak jauh jika tidak yakin 

Harus disadari bahwa hubungan jarak jauh memang bukan untuk semua orang. Jadi tanyakan pada diri sendiri, apakah Anda akan bisa menjalani hubungan jarak jauh atau justru tersiksa? Tanyakan juga kepada pasangan Anda.

Memastikan tujuan akhir hubungan 

Jika Anda bersedia LDR tanpa punya rencana lebih jauh seperti misalnya kapan berakhirnya waktu LDR, kapan lagi dipersatukan bersama, atau rencana menikah, itu sama saja seperti terjun bebas ke lautan tanpa tahu nasib ke depan. 

Jadi pastikan lebih dahulu tujuan akhir dari hubungan Anda. Salah satu aturan sebelum memutuskan menjalani LDR adalah mengetahui seberapa lama hubungan jarak jauh akan dijalani, karena seringkali orang yang berpisah jarak jauh dikarenakan faktor ketidakjelasan hidup bersama.  

Membuat kesepakatan komunikasi 

Komunikasi sangat penting dalam menjalin hubungan. Banyak hubungan berakhir, karena buruknya pola komunikasi. Oleh karenanya buatlah kesepakatan tentang waktu berkomunikasi, cara menyampaikan pendapat, ide, keinginan, cerita keseharian dan uneg-uneg tanpa menyakiti pasangan. 

Rasa percaya dan sikap jujur

Berniat menjalani hubungan jarak jauh, maka buang jauh-jauh perasaan curiga dan belajarlah saling percaya dan bersikap jujur. Percaya memang bukan hal yang mudah, mengingat jarak yang jauh memungkinkan Anda dan pasangan untuk berdusta. Namun dengan memberi kepercayaan pada pasangan, dapat meminimalisir pertengkaran, karena tidak sedikit pertengkaran bermula dari kecurigaan yang tidak beralasan. 

Bersikap dewasa 

Hubungan jarak jauh atau tidak, bersikap dewasa dalam sebuah hubungan sangat diperlukan. Terlebih lagi saat LDR masalah yang datang antara keduanya semakin keruh karena terbatas jarak, sabarlah dalam menghadapi masalah dan tetap bertoleransi. Kedewasaan Anda diukur saat menghadapi permasalahan. 

Jangan jadikan LDR layaknya hubungan bisnis

Jadikan LDR layaknya hubungan cinta yang menarik dan spontan. Jangan sekali-kali menjadwalkan video call, telepon atau janji temu layaknya Anda tengah  membuat jadwal dengan partner bisnis. Jadilah pasangan yang menyenangkan, jika Anda punya waktu untuk bertemu di sela-sela cuti, atau ingin video call pada waktu yang tidak biasa, mengapa tidak? 

Kenali bahasa cinta 

Belajar bahasa cinta agar hubungan jarak jauh Anda terasa lekat di hati, mengapa tidak? Dr. Gary Chapman dengan teorinya Lima Bahasa Cinta, mengatakan terdapat lima bahasa cinta, diantaranya Words of Affirmation yaitu berupa pemberian kata-kata yang mengandung kasih sayang dan bersifat positif. Kemudian, Receiving Gifts yaitu seseorang merasa dicintai ketika pasangan memberikan hadiah. Setiap orang memiliki bahasa cintanya masing-masing yang diberikan pada pasangan, ini tentu saja penting bagi para pejuang LDR sehingga hubungan terasa lebih indah dan bahagia. 

Jangan jadi detektif sosial media

Saat terpisah jarak dan waktu membuat terkadang membuat Anda dan pasangan ingin mencari tahu lebih banyak tentang kehidupan masing-masing, mulai dari melihat postingan, membaca caption dan komentar di sosial media layaknya seorang detektif. Namun bermain peran detektif sosial media hanya akan menghasilkan rasa insecure dan memicu pertengkaran. 

Sudah siap menjalani hubungan jarak jauh bersama pasangan? Meski Anda belum pernah mencobanya atau mungkin pernah gagal, namun dengan LDR kekuatan kasih sayang dan kedewasaan Anda dan pasangan benar-benar diuji. Ingin yang lebih teruji kekuatannya? Kondom Fiesta Delay, Kondom premium ini mengandung Climax Delay Lubricant yang teruji tahan lama, lulus uji elektronis dan memenuhi standar mutu internasional tertinggi dan menjamin perlindungan maksimal. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *